Kamis, 03 Agustus 2017

Shutter Speed Kamera


Masih menggunakan mode Auto pada kamera DSLR? Ada baiknya mempelajari dasar dari penggunaan kamera DSLR kalian. FOTO VIDEO WEDDING JOGJA kali ini akan berbagi ilmu singkat mengenai Shutter Speed. Shutter speed sendiri merupakan elemen dari segitiga eksposure, disamping itu juga ada ISO serta Aperture yang saling berkaitan dan nanti FOTO VIDEO WEDDING JOGJA akan bahas pada artikel selanjutnya. Bagaimana sobat, sudah siapkah? hehe.. Let's go.

Apa itu Shutter Speed? Pengertian singkatnya ialah rentang waktu pada saat shutter terbuka.

Dan untuk penjelasan panjangnya, Shutter Speed adalah kecepatan tirai penutup sensor. Semakin lambat tirainya bergerak, semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor. Shutter speed yang tinggi bisa menangkap object yang bergerak cepat dengan jelas, misalnya mobil yang bergerak, sedangkan shutter speed yang lambat, bisa merekam gambar dengan lambat, sedangkan benda yang bergerak bisa kelihatan motion-nya . Untuk pemahaman cahaya yang masuk melewati kecepatan shutter, kita bisa memakai analogi jendela dan pintu jendela. Ketika kita menekan tombol shutter, pintu jendela ini akan membuka, dan menutup kembali. Ketika pintu jendelanya dibuka secara lambat, cahaya yang masuk melewati kedalam ruangan semakin banyak daripada pintu yang dibuka dengan kecepatan tinggi.

Di display pada kamera biasanya akan tampil sebuah pecahan angka 1/8, 1/10, 1/80, 1/200, 1/500 dst. Angka-angka tersebut bukan sekedar pajangan lho, tapi memiliki arti. Jadi misalnya kalian menggunakan shutter speed 1/80 itu artinya kalian menggunakan kecepatan 1/80 detik untuk mengambil sebuah objek. Semakin besar angkanya maka semakin cepat juga kamera dalam melakukan pengambilan sebuah objek.

"Kapan kita menggunakan shutter speed yang cepat dan kapan menggunakan shutter speed yang lambat?"

Kalian bisa melihat contoh penggunaan shutter speed dibawah ini :

Penggunaan shutter speed cepat
Memotret race yang sedang berlangsung.
Memotret objek yang bergerak.
Penggunaan shutter speed lambat
Memotret jalan raya di saat malam hari.
Memotret air untuk membuat efek soft.

Bagaimana sobat FOTO VIDEO WEDDING JOGJA setelah membaca artikel diatas, jangan lupa untuk mempraktekannya ya.. sebaik-baiknya ilmu akan berguna apabila dipraktekkan ^^ Selamat Mencoba, dan sampai ketemu lagi di artikel kami selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Bergerak dalam bidang jasa foto video wedding. Untuk saat ini kami baru melayani klien di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun tidak menutup kemungkinan Indah Wedding Jogja juga dapat melayani paket Foto Video Wedding di wilayah sekitar Yogyakarta, Magelang, Semarang, Solo, serta wilayah lainnya.

Copyright © 2017 Team Indah